Blogger news

Sunday, May 26, 2013

Pengertian Shalat

Assalamu'alaikum semoga slalu sehat dan bahagia Sahabat Hidayah

Shalat 5 waktuMaaf sahabat bintang lama tidak posting soalnya saya masih mengurus sekolah saya, sekali lagi maaf ya sahabat bintang:)

kali ini saya akan berbagi Ilmu tentang SHALAT
pasti sahabat sudah tau semua kan tentang shalat mari kita pelajari lagi lebih dalam lagi yukkk..


SHALAT menurut bahasa adalah Doa. Sedangkan menurut istilah adalah suatu kegiatan khusus yang di awali dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam

Nah Hukum Shalat dapat di kategorisasikan sebagai berikut :




  • Fardhu. Shalat fardhu ialah shalat yang diwajibkan untuk mengerjakannya. shalat fardu dibagi menjadi dua yaitu :  
    • Fardhu Ain adalah kewajiban yang diwajibkan mukallaf langsung berkaitan dengan dirinya dan tidak boleh di tinggalkan ataupun di laksanakan oleh orang lain. contohnya : Shalat lima waktu dan shalat Jum'at ( untuk laki-laki)
    • Fardhu Kifayah adalah kewajiban yang diwajibkan mukallaf tidak langsung berkaitan dengan dirinya. kewajiban itu menjadi sunnah setelah ada sebagian orang yang mengerjakannya. Contohnya : Shalat Jenazah
  • Shalat Sunnah adalah shalat-shalat yang di anjurkan atau disunnahkan akan tetapi tidak diwajibkan.

Nah ini potongan ayat-ayat yang membahas shalat agar kita semakin yakin bahwa shalat diperintahkan oleh Pencipta kita dan di wajibkan untuk kita agar kita semakin semangat untuk melakukan shalat.
  • "Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman : Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki yang telah Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan"   ( QS. Ibrahim :31)
  • "Sesungguhnya shalat mencegah dari (perubuatan-perbuatan) keji (zinah) dan mungkar. dan sesungguhnya mengingat ALLAH (Shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah lain) dan ALLAH mengetahui apa yang kamu kerjakan". ( QS. Al-Ankabut :45)
  • "Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan".(Maryam : 59)
  • "Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. apabila ia di timpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir. kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya". ( Al-Ma'arij :19-23)
          nah para sahabat bintang itu ayat-ayat yang membahas shalat. jika kita memaknai ayat-ayat tersebut shalat itu tidak ada ruginya bagi kita malah sangat bermanfaat untuk kita karena salah satunya mencegah perbuatan keji dan mungkar.
          Nah Sahabat bintang Marilah kita sama-sama menjadikan shalat itu kewajiban bagi kita. karena shalat adalah ibadah yang akan ditanyakan pertama kali oleh ALLAH.

Mudah-mudahan ilmu yang baru saja kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita.:')

Cukup Sekian kurang lebihnya saya minta maaf. jika ada kesalahan itu dari saya karena kesempurnaan hanya  milik ALLAh SWT. 

sumber : id.wikipedia.org/wiki/shalat

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik yang berhubungan dengan artikel dan masukan juga komentar tentang blog ini
komentar yang mengarah ke tindakan spam
akan terhapus atau terjaring oleh spam filter
hargailah orang lain dengan itu kamu akan di hargai :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.